Perbedaan Cotton Combed dan Cotton Carded

Saat anda ingin membuat kaos, anda tentunya diberikan beberapa pilihan oleh vendor konveksi ingin menggunakan material kain jenis apa. Untuk kain jenis cotton sendiri Konveksi Semarang – Arena Kaos memiliki beberapa varian diantaranya cotton carded dan cotton combed. Apakah perbedaan diantara kedua varian tersebut, berikut penjelasannya.

Cotton Carded

Nama ‘Carded’ diambil dari nama mesin pemintalannya yaitu mesin carding. Ada anggapan bahwa kain cotton jenis ini belum melalui proses “washing“, yang bertujuan untuk membersihkan sebagian besar bahan kimia yang berasal dari proses pencelupan warna.

Jenis kain ini memiliki karakteristik yang agak kasar dan kaku. Hal tersebut disebabkan kain cotton carded ini tersusun dari benang – benang berbulu dimana masih mengandung serat – serat kapas yang pendek. Inilah yang membuat kain jenis ini tidak selembut kain cotton jenis combed. Selain itu, kain cotton jenis ini memiliki karakteristik yang “menyusut” saat dicuci.

Kain cotton varian carded ini harganya lebih terjangkau daripada kain cotton jenis combed sehingga kain cotton jenis carded ini biasanya digunakan keperluan promosi, merchandise / acara perusahaan.

Cotton Combed

Berbeda dengan cotton carded, istilah kain cotton combed diambil dari nama mesin pemintalannya yang disebut mesin combing. Mesin tersebut memiliki fungsi untuk membuang serat pendek dari kapas yang masih tersisa pada proses mesin sebelumnya (mesin carding). Kain yang dihasilkan telah melewati proses combing sehingga dapat dipastikan kain jenis ini memiliki karakteristik yang lebih lembut dan halus dibandingkan kain cotton carded.

Jenis kain ini disusun dari benang kapas dimana pada saat spinning (pemintalan) menggunakan mesin tambahan yang disebut dengan mesin combing. Kain jenis ini cocok digunakan di negara Indonesia yang beriklim tropis ini karena karakteristiknya yang lembut dan nyaman ketika dipakai. Sehingga tidak heran jika kain jenis combed ini biasanya digunakan untuk membuat kaos distro / clothing line.

Kain cotton combed sendiri memiliki beberapa varian diantaranya kain cotton combed 20s, 24s, dan 30s. Perbedaan kain jenis ini sudah pernah dibahas oleh ArenaKaos pada link ini.