Kaos Raglan

Kaos Raglan merupakan model kaos dengan 2 warna berbeda antara badan dan tangan. Perbedaan mencolok antara model kaos raglan dengan model kaos oblong biasa terletak pada potongan pada tangan, model tangan kaos ini memiliki panjang yang lebih panjang dari kaos oblong biasa. Berikut ini gambaran perbedaan antara model kaos oblong biasa dan kaos raglan :

IMG_1021
abu-misty-biru-dongker-kaos-polos-raglan-grosir-satuan-murah-surabaya
Kaos dengan Lengan model Biasa
Kaos Raglan

Sejarah Kaos Raglan

kaos raglan ini sudah berumur lebih dari 100 tahun tepatnya di sekitar tahun 1852. Awalnya berasal dari seorang serdadu Inggris yaitu Fitzroy James Henry Somerset. Fitzroy berasal dari desa kecil di Inggris yang bernama “Raglan”. “Perang Waterloo” atau “The Battle of Waterloo” , adalah nama peperangan yang terjadi antara Inggris dan Perancis. Fitzroy terluka dan mendapat 5 tusukan pada lengannya, sehingga tangan Fitzroy harus diamputasi. Setelah kehilangan salah satu lengannya, Fitzroy tidak putus asa. Ia bahkan tetap bersemangat untuk melanjutkan perang yang belum usai.

Karena Fitzroy tidak mengikuti peperangan lagi,Fitzroy belajar menulis dengan menggunakan tangan kirinya.Fitzroy memiliki semangat juang yang tinggi, lalu ia melanjutkan karirnya sebagai staff administratif di pemerintahan Inggris pada saat itu. Ia kembali harus beradaptasi untuk bisa menulis guna mengerjakan tugas-tugas pemerintahan.Fitzroy diberikan kehormatan yaitu “The 1st Baron of Raglan” yang artinya ialah “Baron dari desa Raglan” oleh kerajaan ingrris karenakan jasa-jasanya yang besar selama berperang. Gelar kehormatan yang diberikan pihak kerajaan inggris kepada orang yang dianggap berjasa untuk negara disebut “Baron”.

Setelah Fitzroy kehilangan satu tangannya, Fitzroy sang Baron tidak begitu saja putus asa. Namun ia bangga karena telah berjuang dan mengabdi untuk tanah airnya. Fitzroy gemar menggunakan mantel dengan model jahitan tangan yang mirip dengan kaos raglan sekarang ini pada semasa hidupnya. Oleh karena itu, model kaos raglan yang kita kenal diberi nama “Kaos Raglan” yang merupakan nama desa asal Fitzroy sebagai penghormatan atas jasanya pada saat peperangan.

Dalam dunia fashion modern, kaos ini diadopsi oleh pakaian olahraga. Jenis olahraga yang banyak menggunakan model raglan ini adalah jenis olahraga baseball. Hal ini disebabkan karena dalam olahraga baseball pergerakan tangan sangan dinamis sehingga penggunakan kaos raglan yang berbeda warna badan dan lengan dinilai menarik sebagai seragam.