Bagaimana Cara Kerja Mesin Bordir Komputer?

mesin bordir komputerKata “BORDIR” berarti membuat gambar berupa ornamen, tulisan maupun gambar dengan menggunakan media benang pada bahan berupa kain, kulit, handuk, dll. Sebelum adanya mesin bordir komputer, banyak pengrajin dibidang ini menggunakan mesin bordir manual. Bordir manual yaitu mesin yang dijalankan secara manual oleh pengrajin bordir sehingga kualitas hasil bordir sangat bergantung pada sang pengrajin tadi.
Kelemahan dari bordir manual tersebu adalah jika kita ingin membuat bordiran huruf, maka dalam satu kata dalam sebuah kalimat, tidak akan sama.
     Begitu juga jika kita ingin membuat bordiran dengan gambar yang sama dalam jumlah banyak (ratusan / ribuan)  akan diperlukan waktu yang cukup lama. Kelebihannya, harga yang relatif  lebih murah daripada bordir komputer (untuk jumlah yang sedikit, karena tidak dikenakan biaya punching / “film”) . Namun ada beberapa pelanggan tertentu yang menginginkan bordiran manual ini karena lebih terlihat HAND MADE daripada bordiran komputer.
Bordir Komputer (Computerized Embroidery)
Seiring dengan perkembangan dunia teknologi saat ini, maka muncullah bordir dengan menggunakan sistem komputerisasi.

Bagaimana cara kerja mesin bordir komputer?

  1. Sumber gambar / desain  yang akan kita buat dapat berasal dari kop surat, gambar tangan atau gambar yang didesain dengan menggunakan software desain seperti Corel draw, Photoshop, Ms. Word ,dll
  2. Gambar-gambar tadi dapat anda scan menggunakan scanner gambar (jika kita menggunakan gambar dari kop surat atau gambaran tangan)
  3. Setelah kita scan, maka kita olah gambar tadi menggunakan sofware khusus untuk bordir komputer, ada banyak macam software untuk menggolah gambar ini, dan yang perlu kita ingat bahwa software ini khusus untuk desain bordir komputer. Di dalam software tersebut kita dapat mengatur jalannya benang, warna apa yang harus jalan terlebih dahulu. berapa ketebalan / kerapatan benang dari desain yang akan kita buat, dll.
Setelah desain jadi, ini yang kita sebut dengan PUNCHING / FILM BORDIR, dari film itulah  kita mengetahui berapa banyak STICH (jumlah tusukan) untuk satu desain tertentu .kita dapat menentukan berapa harga bordir dari jumlah STICH  tsb.
Bagaimana cara menentukan harga dari sebuah design bordir?
  1. Jumlah STICH dari desain / gambar tersebut.
  2. Jumlah bahan yang akan dibordir.
  3. Tingkat kesulitan pada waktu proses bordir.
  4. Tingkat kesulitan desain / gambar.
  5. Jumlah warna benang ( tidak mutlak)